Resep Bakpao Kacang Ijo Aroma Pandan

Bakpao merupakan salah satu kue kukus tradisional di indonesia, yang popular seperti kue bolu kukus. terigu dan kacang hijau menjadi bahan utama kue nusantara yang satu ini.

Selain kacang hijau yang dijadikan bahan utama isi,  tentunya masih banyak lagi bahan pengganti kacang ijo sebagai isi bakpao. beberapa diantaranya yaitu : kacang hijau, coklat, kacang tanah dan kelapa muda parud.

Perpanduan terigu yang dimatangkan dengan mengukus yang dikolaborasikan dengan isi bakpao membuat kue ini diminati banyak pecinta kuliner.

Untuk menikmati kue kukus yang satu ini, sebenarnya cukup mudah, karena banyak sekali yang menjual makanan ini. sedangkan utnuk menikmati bakpao buatan dan kreasi sendiri, tentunya bunda perlu resep yang tepat agar bisa menyuguhkan bakpai yang tidak kalah berkelas dengan yang dijual.

Nah jadi bagi bunda yang kurang megerti cara membuat bakpao,

Cara pembuatan bakpao enak dengan tekstur sempurna, akan dipadu dengan resep yang sudah saya uraikan sebisa dan serinci mungkin, agar bunda sekalian memahaminya dengan baik. selamat beraksi didapur dengan resep dibawah ini.


Resep bakpao kacang ijo

Bahan

  1. tepung terigu 400 gram
  2. gula pasir 60 gram
  3. ragi instan 2 sendok teh
  4. baking powder 2 sendok teh
  5. mentega putih 3 sendok makan
  6. air hangat 275 ml

Bahan isi

  1. kacang hijau 100 gram, direndam 2 jam
  2. gula pasir 75 gram
  3. teh vanili 1/4 sendok
  4. daun pandan 1 lembar
  5. santan 50 ml
  6. teh garam 1/4 sendok

A. Pembuatan isi kacang ijo

  1. Pertama Rendam kacang hijau, lalu buang kacang hijau yang terapung. setelah itu, kukus kacang hijau hingga matang tandanya empuk
  2. selagi kacang hijau panas, haluskan.
  3. Campukan kacang hijau halus dengan gula, garam, vanili, daun pandan dan santan dalam satu wadah.
  4. lalu masak  campuran isi tersebut menggunakan api kecil. tidak lupa sambil diaduk mengsehingga gumpal. angkat dan dinginkan.
  5. Bentuklah bulat-bulat lalu simpan di tempat yang aman

B. Pembuatan bakpao

  1. Campurkan semua bahan bakpao diatas dalam satu wadah, setelah itu uleni sampai kalis dan elastis. diamkan kurang lebih selama 45 menit. setelah itu bentuk bulat-bulat, dengan ukuran sesuai selera masing masing.
  2. Gepengkan adonan bakpao yang sudah dibentuk bulat tadi.
  3. lalu beri bahan isi yang sudah dibulatkan, ditengah adonan bakpao yagn digepengkan.
  4. Selanjutnya bulatkan lagi adonan bakpao, sehingga isi kacang hijau dalam adonan. tusuk menggunakan tusuk sate pada bagian tengah, lakukan sampai habis
  5. siapkan alat pengukus, lalu lapisi dengan kertas kue lalu masukan bakpao yang siap dimatangkan. 
  6. kukus selama 15 menit dan jangan lupa tutup kukusan dilapisi kain, agar uap dalam kukusan meresap pada kain penutup tersebut

Comments